Terapi photodynamic untuk Jerawat

Terapi photodynamic untuk Jerawat

Propionibacterium acnes adalah organisme Gram-positif yang berada di kelenjar pilosebaceous di kulit. Bersama dengan keratinisasi abnormal dari folikel menyebabkan penyumbatan, produksi minyak sebaceous dan hormon, P. acnes merupakan penyebab jerawat.

P. acnes menghasilkan porfirin, terutama coproporphyrin III, di folikel pilosebaceous dan porfirin ini adalah target potensial untuk terapi photodynamic. Cahaya biru terlihat pada panjang gelombang 405-420 nm dan lampu merah terlihat pada 570-670 nm telah ditunjukkan untuk merangsang porfirin untuk melepaskan singlet oksigen yang menghancurkan P. acnes. Perawatan ini dapat membantu dalam ringan sampai sedang jerawat. Tidak ada efek samping, tidak ada downtime dan resistensi bakteri tidak mungkin. Cahaya biru atau merah dapat digunakan sekali atau dua kali seminggu selama 20 menit selama 3 bulan. Perawatan pemeliharaan dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

Dengan penambahan obat photosensitizing seperti Levulan atau Metvix di jerawat sedang sampai berat, lebih porfirin diproduksi untuk penurunan lebih besar pada P. acnes. Obat-obat ini juga mengecilkan kelenjar sebaceous, menurunkan produksi sebum, dan meningkatkan pergantian sel-sel epidermis, mencabut folikel.

Prosedur photodynamic umumnya dilakukan di kantor saya oleh teknisi saya. Aku menentukan lamanya waktu pengobatan tetap pada kulit dan jumlah waktu pasien terkena sumber cahaya. Kulit digosok dengan baik dengan aseton, obat photosensitizing diterapkan dan kiri pada kulit selama 1 sampai 3 jam. Pasien kemudian duduk di sebuah ruangan kecil remang-remang dan dapat membaca, teks atau mendengarkan musik. Jika Levulan digunakan, kami menggunakan cahaya biru untuk aktivasi. Pasien memakai kacamata pelindung dan duduk di depan cahaya biru untuk sekitar 10 sampai 14 menit. Wajah kemudian dicuci dan tabir surya diterapkan. Jika Metvix digunakan, obat dicuci sebelum pengobatan dan pasien terkena lampu merah selama 10 menit. Tabir surya ini kemudian diterapkan.

Terlepas dari obat yang digunakan, 5 perawatan, 3 minggu terpisah direkomendasikan. Pasien harus menghindari paparan sinar matahari untuk pertama 36 jam sejak obat dapat terus untuk mengaktifkan dengan cahaya dan memberikan reaksi lebih intens dari yang diinginkan. Efek samping yang biasa kemerahan, mengelupas dan beberapa pengerasan kulit selama sekitar 3 sampai 5 hari. Pasien cuci dengan pembersih ringan dan menggunakan pelembab bebas minyak dan tabir surya.

Banyak pasien akan tetap jelas dari jerawat selama berbulan-bulan atau selamanya. Obat topikal mungkin diperlukan untuk mempertahankan efek pengobatan pada beberapa pasien. Ulangi perawatan dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

No comments:

Post a Comment